"it's hard to fail, but it is worse never to have tried to succeed"-Theodore Roosevelt

Jumat, 02 Maret 2012

Cara mengatasi galau


Semua orang pasti pernah ngerasin yang namanya galau, orang yang selalu ceria sekalipun pasti pernah ngerasain yang namanya galau.
Menurut teori gue, galau menurut Intensitasnya terbagi 3
yaitu Galau Primer, Galau Sekunder dan Galau Tersier.

1, Galau primer
Yaitu keadaan dimana kegalauan lu belum mencapai puncaknya, orang orang galau pada tingkat ini biasanya cuma dengerin lagu lagu galau yang menggambarkan perasaan mereka saat itu. contohnya kalo yang jomblo nyetelnya lagu "wali-cari pacar"  "Justin bieber-somebody to love" (ini lagu ga ada unsur galaunya sebenernya) atau lagunya si tante galau Adele yang Someone Like You #eaa. Dan galaunya biasanya ga berkepanjangan.

2. Galau sekunder
Galau sekunder, dimana kegalauan lu sudah mencapai tingkat sedang, orang orang yang galau pada tingkat ini biasanya nge Tweet galau di TL, atau nge Retweetin tweet galau dari beberapa acc galau di twitter. Sebagai Twitter user yang baik, jujur sebenernya gua rada ga suka sama orang kayak gini, soalnya kalo mereka nge tweet galau gua suka ikut ikutan galau juga :(

3. Galau Tersier
Nah galau ini sebenernya udah tingkat akut. Mereka biasanya bisa melakukan hal hal yang ekstrim seperti ngacak ngacak jamban sekolah nyilet nyilet tangan, atau lompat dari golden gate.

Ga ada cara untuk mencegah kegalauan broh, yaa mungkin ada tapi kan yang namanya orang pasti berbeda beda. Gua juga bingung sebenernya cara mencegahnya itu gimana? -____-
Satu satunya cara yaa MOVE ON, atau Jangan pernah jatuh cinta dan sakit hati. *nah loh*

Tapi gua bakalan ngasih tau bagaimana cara kalian ngilangin rasa galau itu biar ga berkepanjangan...

1. Cari Kesibukan
Kalo lu sibuk, lu ga bakalan ada waktu buat nge galau. Contohnya kalo gue, gua kalo galau gua bakalan ngerjain PR matematika, soalnya PR Matematika itu cukup bikin otak pusing dan bikin kita buat fokus ke PR itu ga ke yang lain.

2. Bantuin kerjaan Emak dirumah
Tanpa kita sadarin nih ya, kerjaan dirumah tuh banyak banget, ya nyapu lah, ngepel laut lah, cuci baju, cuci piring, lu cuci dah apa yang bisa dicuci. Selain nambah kesibukan juga kita dapet pahala karena udah bantuin orang tua kan.

3. Jangan dengerin lagu galau
Ini sering banget terjadi, kalo galau lu jangan dengerin lagu yang bikin lu galau. Dengerin lagu yang bikin lu semangat, yang ngasih motifasi ke lu buat move on. Bukannya malah stay on

4. Nongkrong sama temen temen gokil lu
Nah ini biasanya ampuh, cuma sesaat. Abis itu ilang lagi. Begitu lu abis pulang nongkrong, bisa aja lu kembali galau lagi, tapi seenggaknya kan bikin lu happy walaupun cuma sesaat, broh.

5. Baca Tweet, Video dan Cerita Lucu
Kalo lagi galau, jangan baca tweet-tweet yang bikin lu galau juga. Bacalah Tweet yang lucu yang bisa bikin lu ngakak, terus lu baca baca blog orang yang menurut lu postingannya bikin ngocok perut, yaa itung itung sekalian blog walking lah. Terus lu acak acak dah tuh youtube, lu cari video yang bener bener bisa bikin lu ngakak ampe terberak-berak. Dijamnin galaunya langsung ilang

6. Curahin isi hati
oke, emang kalo persaan dipendem itu jadi penyakit. Mendingan curahin perasaan lu lewat Tweet *lagi lagi nge tweet* tapi bukan tweet yang labil juga yaa, lu ungkapin lewat tweet yang kreatif, contohnya lu bikin puisi, terus puisinya lu tweet, atau lu broadcast message di BBM haha *sesat*

7. Ilfeel
Cari hal hal yang bisa bikin kalian ilfeel, apa ajalah, yang bikin lu males banget sama dia. Misalnya lu bayangin lu lagi makan dinner lah berdua sama si doi, terus dia ngupil dan upilnya di taro di pinggir piring.

8. Berdoa kepada Tuhan
kalo cara cara di atas ternyata belom efektif buat ngilangin ke galauan lu, cara terakhir adalah banyak banyak tawakal, doa sama tuhan. Minta supaya lu cepet bisa move on dan ngelupain semua masalah yang lu hadapin. Lu deket deket sama tuhan, soalnya emang cuma tuhan yang bisa bikin jiwa, hati dan fikiran kita tentram, guys.

8. Niat
Niatin dari hati kalo kita mau mencoba hidup yang baru, yang lebih baik lagi. Soalnya kemauan itu datangnya dari diri kita sendiri, kalo dari diri kita sendiri aja ga ada motivasi buat move, yaa sebesar apapun usaha lu buat move lu ga bakal bisa, pasti ada bakal ada yang nge dorong lu ke belakang dan balik lagi ke tempat semula sebelom lu move.

 Segitu aja buat postingan gua kali ini, untuk manjur atau enggaknya itu tergantung diri kalian masing masing. Kalo buat gua sih Insyaallah hahahaha.

Kita sebagai generasi muda Indonesia harusnya punya semangat yang besar dong untuk berkreatifitas, ga ada gunanya galau kalo itu semua bikin kita nge down dan ga punya semangat. Ga ada pantes pantesnya anak muda nge galau haha kita mah kudu ceria, bahagia dan nikmatin masa muda kita dengan melakukan hal hal yang positif, soalnya masa remaja itu ga dateng dua kali, dan bener bener harus dimanfaatin sebaik mungkin. :)

3 komentar: